Rilis Nusantara.press – Ensiklopedia Nusantara Indonesia

Setelah lebih dari 10 tahun Batakpedia dirilis, akhirnya BatakPedia di ekspand untuk menjadi situs Ensiklopedia Nusantara Indonesia, bukan hanya Ensiklopedia Budaya Batak.  Ensiklopedia ini diberi nama kode Nusantara.press yang sekaligus menjadi nama domain situs resmi.

Mengapa menggunakan Nusantara.press?

Nusantara merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan wilayah kepulauan yang membentang dari Sumatera sampai Papua, yang sekarang sebagian besar merupakan wilayah negara Indonesia.

Domain .PRESS merupakan domain baru yang dilaunching. Dari jurnalis dan blogger hingga korporasi berita dan publisher, .PRESS adalah namespace yang sempurna untuk konten berita dan editorial. Karena domain .PRESS memang dikhususkan untuk press release, harganya cukup mahal, hingga 10 kali lipat domain biasa (saya membeli domain .press harganya baru launching Rp 1,5 jt :D).

Nusantara.press memuat tulisan tentang Nusantara Indonesia, baik menyangkut kekayaan alam, adat budaya, pariwisata, peristiwa, ekonomi, hukum, sosial, dan lain-lain. Nusantara.press merupakan bagian dari proyek #Berimakna #Indonesia (berimakna.com). Nusantara.press diharapkan bisa menjadi Ensiklopedia Nusantara Indonesia ditengah minimnya referensi dan pengetahuan tentang budaya dan juga berkurangnya rasa cinta dan bangga dengan budaya Indonesia. Sadar atau tidak sadar wabah sindrom inferioritas membuat kita semakin lupa tentang budaya kita.

Saat ini sudah ada sekitar 3rb lebih artikel yang sudah terbit. Nusantara.press juga merupakan aggregator dari berbagai situs budaya. Hal ini dimaksudkan berbagai informasi tentang budaya, alam, dll tidak termanage dengan baik. Beberapa situs dan blog tidak dimaintain dan akhirnya mati sehingga informasi-informasi tersebut juga hilang.

Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email redaksi@nusantara.press atau silahkan mendaftar http://nusantara.press/login/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://nusantara.press/menjadi-penulis/ atau bisa menghubungi saya sendiri.

Terima kasih

Sunardo Panjaitan

on

Tinggalkan Pesan